Tuesday 16 November 2010

Mobil Anti Pengemudi Mabuk


 Perusahaan otomotif Jepang Nissan mengumumkan teknologi baru yang dirancang untuk mendeteksi apakah seorang pengemudi telah menenggak minuman keras.

Teknologi itu mencakup sensor bau yang memantau bau nafas, detektor yang menganalisis keringat di telapak tangan, dan kamera yang memeriksa kesigapan si pengemudi dengan pemindai mata (eye scan).


Jika sistem menyimpulkan seorang pengemui telah menenggak minuman keras, mobil produksi Nissan tersebut tidak akan berjalan.
Nissan, yang merupakan produsen mobil terbesar ketiga di Jepang, mengatakan, teknologi ini sedang dikembangkan, tapi pada akhirnya akan diperkenalkan untuk mengurangi kematian di jalan.
Perusahaan ini tidak menetapkan jadwal khusus, tapi bertujuan untuk mengurangi jumlah kematian yang melibatkan kendaraan produksinya sebesar setengah dari tingkat pada tahun 1995 menjelang tahun 2015.
General Manajer Nissan Kazuhiro Doi mengatakan, kepekaan teknologi ini masih perlu digarap.
"Jika anda minum satu gelas bir, teknologi ini akan mencatatnya, jadi kami perlu mengkaji tingkat yang tepat bagi sistem ini untuk menjadi aktif," kata Doi kepada kantor berita Reuters.

Sumber : http://www.bbc.co.uk/indonesian/news/story/2007/08/070805_drinkcar.shtml 

Pendapat : Pentingnya mobil tersebut untuk mengurangi tingkat kecelakaan yang terjadi di jalan raya yang mengakibatkan banyak pihak yang dirugikan.