Saturday 10 March 2012

Keseimbangan Jangka Panjang (2)


2.       Industri dengan Biaya Konstan (Constant Cost Industry)
Constant cost industry akan terjadi apabila jumlah permintaan input meningkat tetapi harga per unit input tidak berubah. 


Grafik 8.12a terlihat bahwa pada tingkat harga OP kurva permintaan pasar bergeser ke kanan dari D ke D1. Jika kurva penawaran tidak bergeser maka keseimbangan pasar akan bergerak dari titik a ke titik b, yang mengindikasikan harga pasar naik dari P ke P’. namun apabila kurva penawaran juga bergeser seiring dengan bergesernya kurva permintaan, yakni dari S ke S1, maka titik keseimbangan bergerak dari titik a ke titik b’. kurva penawaran bergeser ke kanan menunjukkan bahwa penawaran pasar meningkat bukan karena kenaikan harga output (produk), melainkan adanya perubahan factor lainnya.
Peningkatan penawaran pasar berasal dari meningkatnya produksi perusahaan-perusahaan yang berada dalam industry tersebut. peningkatan produksi memerlukan tambahan input, sehingga permintaan akan input meningkat. Meningkatnya permintaan input  yang tidak diikuti oleh perubahaan (kenaikan) harga input, tidak akan mengubah struktur biaya perusahaan. Berarti biaya rata-rata jangka panjang tidak mengalami perubahan. Berarti biaya jangka panjang tidak mengalami perubahan


Sumber : Dasar-Dasar Teori Mikro Ekonomi oleh Dr. Moch. Rum Alim, SE, M.Si