Monday 14 November 2011

Pahlawan "baru" Tanpa Tanda Jasa

Di saat masyarakat di tanya akan , "siapakah pahlawan tanpa tanda jasa?". Dan spontan walaupun tidak terucap kata "guru" , pasti langsung teringat oleh guru. Dan memang guru tetap lah pahlawan tanpa tanda jasa sampai sekarang. Tetapi sadarkah kita bahwa di zaman yang mulai berevolusi ini , muncullah sosok baru yang memegang peranan penting sebagai "pahlawan tanpa tanda jasa". 
Sebut saja tukang sampah. Anda sekalian tidak akan mengira mengapa seorang yang berprofesi sebagai tukang sampah , bisa menjadi pahlawan tanpa tanda jasa. Saya berpikir , bahwa di zaman sekarang , sampah-sampah mulai sangat banyak bermunculan, Bahkan jumlah nya yang berkali-kali lipat dari jumlah manusia yang ada di bumi ini. Dan apabila tukang sampah ini tidak ada, bisa di bayangkan bagaimana tinggi nya tumpukan-tumpukan sampah yang menumpuk. Sepele memang , namun kenyataan nya memanglah demikian. Nasib para tukang sampah pun tidak dihiraukan. Mulai dari kesehatan sampai kesejahteraan, mereka pun tidak sekalipun memikirkan nya. Namun tetap saja hal ini kurang pantas bagi mereka.
Pernah kan kita melihat "demo tukang sampah" ? Tentu jarang bahkan tidak pernah bukan? Ya , betapa sabar nya mereka dengan situasi yang mereka alami. Tapi kita pun pernah mendengar demo guru , di mana mereka menuntut gaji yang layak. Yah, memang kesejahteraan seharusnya diutamakan. Apalagi pengorbanan yang telah mereka berikan. Namun untuk masalah "siapakah pahlawan tanpa tanda jasa" yang baru, bisa saja profesi guru yang selama ini kita kenal sebagai pahlawan tanpa tanda jasa , tergeser orang para tukang sampah yang sekalipun tidak pernah menuntut apapun sampai harus berdemo. Tapi memang ini lah kesulitannya.