Sunday 2 October 2011

Organisasi

1. Organisasi sebagai wadah & proses.
Dalam arti statis, organisasi diartikan sebagai wadah atau tempat dimana kegiatan kerjasama dijalankan. Hal ini berarti organisasi merupakan suatu sistem terbuka, yang memiliki interaksi konstan dengan lingkungannya, serta terdiri dari banyak sub-grup, unit-unit jabatan, susunan hierarki serta segmen yang tersebar secara geografis. 
Sedangkan dalam arti dinamis, organisasi diartikan sebagai suatu sistem proses interaksi antara orang-orang yang bekerjasama, baik formal maupun informal. Hal ini berarti Organisasi sebagai suatu kesatuan, yaitu sekelompok orang yang saling berhubungan satu dengan yang lain, mau bekerjasama dan terlibat bersama-sama di dalam hubungan yang resmi untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu.

2. Sejarah timbulnya organisasi.
Berawal dari Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 134 Tahun 1999 , mengakibatkan Keputusan Presiden tersebut dasar arahan dalam upaya terhadap peningkatan Hak Asasi Manusia dan kemudian ditindaklanjuti dengan Keputusan Menteri Negara Urusan Hak Asasi Manusia Nomor : KEP. 08/Meneg-HAM/I/2000 tentang Organisasi dan Tata Kerja Staf Menteri Negara Urusan Hak Asasi Manusia. 

Organisasi itu sendiri berasal dari bahasa Yunaniorganon - alat) adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama.
Pengertian dari Organisasi itu sendiri menurut para ahli :
a.Chester L. Barnard

Organisasi adalah sebuah sistem tentang aktivitas kerjasama dua orang atau lebih dari sesuatu yang tidak berwujud dan tidak pandang bulu, yang sebagian besar tentang persoalan hubungan (Organization is a system of cooperative activities of two or more person something intangible and impersonal.  Largely a matter of relationship).
b.John D. Millet
Organisasi adalah sebagai kerangka struktur dimana pekerjaan dari beberapa orang diselenggarakan untuk mewujudkan suatu tujuan bersama.
 c.Dwight Waldo
Organisasi adalah sebagai suatu struktur dari kewenangan-kewenangan dan kebiasaan-kebiasaan dalam hubungan antara orang-orang pada suatu sistem administrasi.
d.Herbert. A. Simon
Organisasi adalah sebagai pola komunikasi yang lengkap dan hubungan-hubungan lain di dalam suatu kelompok orang-orang.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa, Organisasi adalah suatu wadah atau tempat atau suatu bentuk kerjasama sekelompok orang untuk mencapai tujuan bersama yang diinginkan dengan melakukan kegiatan bersama dan mau terlibat dengan peraturan yang ada agar dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan bersama.
Dalam ilmu-ilmu sosial, organisasi dipelajari oleh periset dari berbagai bidang ilmu, terutama ilmu politik, manajemen, sosiologi, psikologi dan ekonomi. Kajian mengenai organisasi sering disebut perilaku organisasi, studi organisasi, atau analisa organisasi.

Contoh: OSIS(jenis Organisasi Siswa).Pada dasarnya, Organisasi Mahasiswa adalah sebuah wadah berkumpulnya mahasiswa demi mencapai tujuan bersama, namun harus tetap sesuai dengan koridor yang disetujui oleh semua pengurus organisasi tersebut.

Nama : Michael Amiarsa
Kelas : 2ka28