Monday 25 October 2010

Penduduk

PENDUDUK

Penduduk atau warga suatu negara atau daerah bisa didefinisikan menjadi dua:
  • Orang yang tinggal di daerah tersebut
  • Orang yang secara hukum berhak tinggal di daerah tersebut. Dengan kata lain orang yang mempunyai surat resmi untuk tinggal di situ. Misalkan bukti kewarganegaraan, tetapi memilih tinggal di daerah lain.
Dalam sosiologi, penduduk adalah kumpulan manusia yang menempati wilayah geografi dan ruang tertentu.

Bonus demografi
Rasio ketergantungan nasional saat ini masih 47%, artinya setiap 100 penduduk produktif menanggung 47 penduduk tidak produktif di bawah umur 15 tahun dan 65 tahun ke atas.
Di satu sisi mereka bisa mendorong ekonomi untuk tumbuh kalau mereka bekerja tetapi di sisi lain mereka bisa menciptakan instabilitas sosial dan politik kalau mereka tidak bekerja
Namun rasio ketergantungan cenderung menurun belakangan setelah sempat mencapai 70% dan diperkirakan akan mencapai titik terendah pada 2020-2030.
Pada periode itu akan terdapat peluang lebih besar untuk melakukan investasi manusia guna mendorong produksi.
Bagaimanapun, apa yang disebut sebagai bonus demografi ini bagaikan pisau bermata dua seperti dikatakan oleh Sonny Harry Harmadi, Kepala Lembaga Demografi, Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia.
"Di satu sisi mereka bisa mendorong ekonomi untuk tumbuh kalau mereka bekerja tetapi di sisi lain mereka bisa menciptakan instabilitas sosial dan politik kalau mereka tidak bekerja. Jadi mereka itu produktif tapi tidak bisa menyalurkan produktifitasnya karena tidak terserap di pasar kerja," tegas Sonny.
Bonus demografi ini diproyeksikan akan mengalami titik balik ketika angka kelompok lanjut usia menjadi lebih besar dibandingkan generasi muda dan bahkan, kata mantan Menko Kesra Haryono Suyono, ketergantungan penduduk lansia yang jumlahnya akan mencapai 30 juta, lebih mahal.
"Kalau 30 juta ini tidak bekerja akan menjadi tanggungan baru sehingga beban ketergantungan yang menurun sampai tahun 2015 akan naik lagi. Bedanya dengan dulu, kalau dulu yang menjadi tanggungan anak di bawah 15 tahun. Anak-anak sakit dibawa ke dokter ongkosnya murah tetapi orang tua yang sakit itu sakitnya lebih mahal," katanya.


Nama : Michael Amiarsa
NPM : 14110381
Sumber : (http://www.bbc.co.uk/indonesia/laporan_khusus/2010/07/100709_population4.shtml)
(http://id.wikipedia.org/wiki/Penduduk)